Tuesday, February 21, 2012

Onigiri

Onigiri juga biasa disebut bola nasi di Amerika. Onigiri juga bisa disebut Musubi atau Omusubi. Musubi berarti terikat, jadi mungkin artinya bola nasi dengan sehelai nori yang melingkari nasi tersebut. Tapi ada juga beberapa onigiri/ musubi tidak menggunakan nori.

Menurut saya, Onigiri itu adalah nasi yang di padatkan menjadi bola dengan menggunakan tangan yang telah dibasahi sedikit air, kemudian diberi sedikit garam. Ini adalah cara dasarnya. Kalian dapat memodifikasi Onigiri sesuka kalian dengan menambahkan berbagai toping dan jenis nasi yang berbeda-beda.

Banyak sekali Onigiri di Jepang tersedia di toko-toko swalayan / combini (bahasa Jepangnya toko swalayan). Biasanya mereka menyediakan 2 hingga 3 rak untuk memajangkan onigiri dan selalu di stok ulang setiap beberapa jam terutama di waktu - waktu sibuk, seperti sarapan pagi atau pada malam hari dimana orang banyak mencari kudapan.

Onigiri ini selalu dijual dalam keadaan segar. Saya tidak tahu semua detailnya tapi jika onigiri dibiarkan lebih dari beberapa jam, mereka akan menjadi basi, dan nasinya akan menjadi keras. Jadi itulah alasan mengapa Onigiri ini dikirm beberapa kali dalam sehari.

Terdapat banyak sekali jenis origini dan setiap swalayan/combini di Jepang memiliki rasa andalan mereka sendiri. Sepertinya mereka mencoba membuat setidaknya 2 rasa baru setiap bulan. Sebagai contoh di bawah, Yaki Onigiri dan Ebi Chiri Chaahan di labeli Shinhatsubai yang berarti produk baru.

Ini adalah beberapa contoh produknya


Chikin Raisu
Nasi Ayam: Menggunakan nasi Mexico dengan daging ayam di dalamnya. Ditoko lainnya ada yang menggunakan telur untuk membungkus nasi ini sehingga tidak terlalu berantakan saat dimakan.


Yaki Onigiri
Jenis orinigi yang dipanggang dengan rasa rumahan. Mirip kaya onigiri biasa. Tidak terlalu umum dijual di combini


 
Ebi Chiri Chaahan
Udang dengan saus pedas dan nasi goreng. YUMMY!!!! Ini adalah salah satu kesukaan saya.

Ume Chirimen
Onigiri ini menggunakan plum(Ume). Plum adalah bahan makanan yang sangat asin karena biasanya dibuat asinan. Jadi rasa onigiri ini pastinya asin banget ??


Ebikatsu
Ebi/ udang kecil yang digoreng dengan cara temakizushi. Temakizushi artinya gulungan tangan. Tidak banyak ditemui jenis onigiri dengan teknik temakizushi ini.


Toriyaki Sooseeji
Sosi ham dan nori dengan mayo di bawahnya. Rasanya enak terutama jika dimakan hangat-hangat.

 
Ebi Mayoneezu
Udang dan mayo. Rasanya kaya salad seafood. Yang ini rasanya enak juga.



Takana
Saya mencoba menebak-nebak apa isinya. Dari tulisannya menandung daun mustard dengan acar.
Ditulis Shaki-shaki yang artinya renyah.


Katsukaree pirafu
Daging babi yang dilapisi tepung roti dengan saus kari. Yummy !!

 
 
Shio Karubi
Karubi asin. Karubi adalah cara mengolah daging sapi ala Korea. Di marinasi kemudian di panggang. Good stuff.


Shiichikin Mayoneezu
Ayam laut dan Mayo atau juga disebut salad tuna. Resep ini adalah sesuatu yang umum sekarang ini dan juga enak.


Shake Mentaiko
Shake adalah Salmon. Mentaiko itu sejenis telur ikan yang kecil dan sedikit pedas. Saya tidak tahu telur itu sudah pedas dari sananya atau memang diolah menjadi pedas. Biasanya digunakan untuk membuat saus cream dan pasta.


Saamon Mayoneezu
Salmon dan mayo. Saya mengerti sekarang jika orang Jepang suka sekali makan mayo.


Yang keren tentang Onigiri ialang kemasannya yang menarik, terutama yang berbentuk segitiga / gulungan. Dibawah kemasan ini ada instruksi untuk membukanya.



Caranya, tarik plastik tab pertama untuk membelah dua kemasannya.


Kemudian tarik lagi tab 2 dan 3 untuk membelah kemasan lebih lebar.




Jika diperhatikan (tidak terlihat di gambar), maka ada kertas tipis yang membatasi nori dan nasinya, sehingga nori tidak lengket ke nasi. Ada juga beberapa orang Jepang yang menyukai onigiri jenis basah dimana nori menempel semua pada nasinya.

0 comments:

Post a Comment

 
Ping Blog